Minggu, 19 April 2009

Wawancara pt. 1

Berikut saya ada tips-tips menghadapi wawancara kerja.....Semoga berguna bwt teman2 semua.......

Jenis Wawancara KerjaDalam dunia kerja, dikenal beberapa tipe wawancara kerja sebagai berikut:

1. Wawancara Seleksi (Screening Interview). Jika pelamar atau kandidat untukmenduduki jabatan berjumlah lebih dari satu orang maka dilakukan wawancarakerja untuk menyeleksi siapa diantara kandidat tersebut merupakan kandidat yangpaling qualified sehingga bisa dilanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.Wawancara seleksi biasanya berlangsung singkat antara 15 – 30 menit.

2. Wawancara Telepon (Telephone Interview). Demi menghemat biaya dan efisiensiwaktu, banyak recruiter yang melakukan wawancara kerja melalui telepon. Olehsebab itu, pelamar harus siap dihubungi sewaktu- waktu, sebab seringkalirecruiter tidak memberikan pilihan bagi pelamar untuk menentukan waktu kapan iasiap diwawancarai melalui telepon.

3. Wawancara di Kampus / Sekolah (On-Campus Interview) . Meskipun tidak banyakperusahaan yang melakukan wawancara kerja di kampus, namun untukperusahaan-perusahaan tertentu yang mencari para lulusan untuk dilatih lebihlanjut, cara ini dinilai sangat efektif karena memberikan akses bagi perusahaantersebut untuk mendapatkan kandidat terbaik yang mungkin sangat sulit diperoleh jika menunggu para kandidat tersebut datang melamar.

4. Wawancara di Pameran Kerja (Job Fair Interview). Pameran kerja diadakanuntuk menjembatani perusahaan dengan para pencari kerja. Pada pameran kerja biasanya, perusahaan memberikan berbagai : informasi mengenai perusahaannya, menerima surat lamaran dan CV daripengunjung (pencari kerja), bahkan tidak jarang para recruiter langsung melakukan wawancara di stand (booth) mereka. Di Indonesia memang pameran seperti ini masih sangat jarang dilaksanakan jika dibandingkan dengan pameran otomotif,rumah maupun furniture.

Wawancara di Lokasi Kerja (On-Site Interview). Ketika seorang kandidat telahlolos dalam tahap wawancara seleksi, seringkali perusahaan mengundang kandidattersebut untuk melihat secara langsung lokasi kerja. Pada kesempatan tersebut recruiter biasanya langsungmelakukan wawancara secara mendalam. Bagi pelamar yang belum memiliki pengalamankerja pada lokasi yang lingkungannya kurang lebih sama, wawancara kerja dilokasi mungkin bisa terasa menakutkan karena mungkin harus melakukan perjalanan dan berada di wilayah yang tidak ia kenal.

Wawancara Kelompok (Panel or Group Interview). Wawancara kelompok adalah suatujenis wawancara kerja dimana para pewawancara (recruiter) terdiri dari 2 (dua)orang atau lebih. Biasanya wawancara jenis ini dilakukan jika perusahaan memandang bahwa pelamar sudahhampir memenuhi syarat untuk diterima bekerja. Biasanya para penanya dalamwawancara inilah yang memiliki wewenang untuk memutuskan apakah pelamar akanditerima bekerja atau tidak.

Wawancara Kasus (Case Interview). Wawancara kerja jenis ini menekankan padakemampuan analisis dan pemecahan masalah terhadap suatu kasus tertentu. Biasanyadalam wawancara kasus, pelamar diminta untuk berperan sebagai pemegang jabatanyang ditawarkan, lalu diberikan sebuah kasus untuk dicarikan solusinya.

semoga dapat menambah wawasan mengenai wawancara.

Sukses dan Tetap Semangat dalam Ke'BAIK'an

-administrator-

23 komentar:

  1. lihat pengumuman nya kpn ?

    BalasHapus
  2. duh ya 4JJI mudah2an nama saya terdaftar AMIN
    maaf kira2 kpn ya pengumuman nya di tampilkan ?

    BalasHapus
  3. bilmillah...kapan di lihat hasil seleksinya

    BalasHapus
  4. assalamualaikum...rupanya bkn sya aja yg deg2an menunggu hasil...ternyata banyak juga...mudah2an saya dan teman2 semua bisa sabar menunggu hasil pengumuman...dan dengan kesabaran mudah2an bisa mendapatankan hasil yg diinginkan AMIN...cecep dinar

    BalasHapus
  5. kalo bisa secepatnya kasi tau kami nama-nama yang lulus seleksi adm. biar ga H2C.

    BalasHapus
  6. mudah2 sebentar lagi,jgn terlalu lama ntar keburu lupa lagi pernah ngelamar di sana???
    huahhahahahaha

    BalasHapus
  7. kapan hasil seleksi diumumkan, udah gak sabar liat hasil seleksi kemaren.

    BalasHapus
  8. ya Allah smoga ja,,saya ke trima kerja...amin

    BalasHapus
  9. Bagaimana dengan smu dengan lulusan angkatan 2001 dalam ijazah/STTB tidak tertera nilai UN/DANEM?

    smu alumni angkatan 2001 hanya punya nilai EBATANAS

    bagaimana dgn rata2 nilainya utk lulusan 2001

    BalasHapus
  10. Tolong utamakan Pekerja Harian Kontrak O&P Pjt2 saluran induk Tarum Timur seksi Jatisari divisi Subang.Dengan segala kerendahan hati,mudah-mudahan saya diterima/diangkat menjadi karyawan Pjt2.Amiin...!!

    BalasHapus
  11. Saya sudah sekitar 2 thn mengabdi kepada PJT2 sebagai petugas kebersihan/pemeliharaan saluran induk tarum timur seksi Jatisari.Saya harus selalu siap tanpa melihat batas waktu kerja yang di tentukan.Mudah-mudahan ini awal keberhasilan saya.Amiiin..

    BalasHapus
  12. Oh ya Bagaimana dengan ijazah yang saya lampirkan,so saya kemarin thn 2007 baru lu2s DI sementara sekarang masih melanjutkan Kuliah sampai D3 dulu.Ikut Kelas reguler(malam).Apakah ijazah saya dapat membantu seleksi ini.Mudah-mudahan lancar aja.Tlong kabari bila ada Informasi.Wassalam..

    BalasHapus
  13. Commentnya ga pada nyambung tuh sama judul wawancara pt.1

    @ admin
    Wawancara mah belakangan

    Mending bahas testing GAT ntu apa?

    General aptitude test paket 30 minutes

    BalasHapus
  14. deg deg deg an uy hari senin

    BalasHapus
  15. semoga tidak ada kecebelecenya...

    BalasHapus
  16. Satu langkah kedepan

    Tetaplah bergerak maju, sekalipun lambat. Karena dalam keadaan tetap bergerak, anda menciptakan kemajuan. Adalah jauh lebih baik bergerak maju, sekalipun pelan daripada tidak bergerak sama sekali.

    Dalam hidup kita sering merasa buntu hanya karena kita ingin mengambil satu langkah yang terlalu besar, langkah raksasa. Akibatnya, masalah kita jadi terlihat besar sekali, kompleks dan tak terselesaikan. Hasilnya, anda hanya termenung dan tidak bergerak.

    Sabar dan coba mundur sebentar. Perhatikan tantangan anda. Tidaklah lebih memungkinkan bagi anda untuk mengambil langkah-langkah pendek terus menerus, ketimbang berusaha menelan semua masalah sekaligus. Satu langkah kecil demi satu langkah kecil, asalkan anda tidak berhenti, adalah cukup, karena anda masih memiliki hari esok dan masih ingin bergerak maju. dan bukan berhenti...

    BalasHapus
  17. Kenapa sich saya ngga lulus seleksi??.
    BT Dech!!!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  18. siang...
    mohon informasinya, untuk pengumuman hasil tes tgl. 2 mei nanti, diumumkan dengan cara apa? apakah dg surat / telpon / bs dilihat melalui blog ini?
    kalaupun bs dilihat di blog ini, paling cepat hari apa?
    nuhun. . .

    BalasHapus
  19. lupa ni satu lagi, apakh harus ke bandung?

    BalasHapus
  20. bukannya bisa di lihat di blog ato papan pengumuman rindam???

    BalasHapus
  21. mohon dipercepat ya pengumumannya

    BalasHapus